Laman

Kamis, 26 Mei 2011

10 film anime terbaik

1. Akira (1988)


Akira merupakan anime tahun 1988 yang naskah dan penyutradaraannya ditangani oleh Katsuhiro Otomo. Diangkat dari manga populer berjudul sama yang juga dikarang oleh Otomo. Manga-nya sendiri pernah diterbitkan oleh Elex Media pada awal 90-an. Genre yang diangkat pada film ini adalah Cyberpunk, sub kategori dari fiksi ilmiah, dan merupakan salah satu anime termahal yang pernah diproduksi.

2. Ghost In the Shell (Kôkaku kidôtai) (1995)


Jiwa dalam Cangkang (Bahasa Inggris: Ghost in The Shell, Bahasa Jepang: 攻殻機動隊 dibaca Kōkaku Kidōtai, contohnya mobil van antipeluru polisi), adalah film anime beraliran cyberpunk yang berasal dari Jepang dan dibuat oleh Masamune Shirow.

Cerita lanjutannya, Ghost in the Shell 2: Man/Machine Interface (Titik pertemuan antara Manusia/Mesin), diterbitkan pada tahun 2002.

Pada tahun-tahun selanjutnya, anime ini kemudian diadaptasi menjadi:

* Tiga film animasi : Ghost in the Shell, Ghost in the Shell 2: innocence (kepolosan/ tak berdosa), dan Ghost in the Shell: Stand Alone Complex - Solid State Society
* Dua film animasi serial televisi: : Stand Alone Complex dan 2nd Gig all produced by Production I.G., beserta two Playstation video games.

3. The Grave of FireFlies (Hotaru no Haka) (1988)


The Grave of FireFlies adalah film animasi tahun 1988 yang ditulis dan disutradarai oleh Isao Takahata.Ini adalah film pertama yang diproduksi oleh Shinchosha, yang mempekerjakan Studio Ghibli untuk melakukan pekerjaan produksi animasi. Ini adalah adaptasi dari novel semi-otobiografi dengan judul yang sama oleh Akiyuki Nosaka, dimaksudkan sebagai permintaan maaf pribadi kepada saudara penulis sendiri.

Beberapa kritik (yang paling menonjol Roger Ebert) menganggapnya sebagai salah satu yang paling kuat film anti-perang yang pernah dibuat. Animasi sejarawan Ernest Rister membandingkan film Steven Spielberg yang Schindler's List dan berkata, "itu adalah manusia yang paling mendalam film animasi yang pernah saya lihat."

4. Ninja Scroll (Jûbei ninpûchô) (1993)


Ninja scroll adalah action thriller anime jepang ditetapkan di feodal Jepang, dengan kritis diakui sutradara / penulis Yoshiaki Kawajiri yang terkenal karena film thriller sebelumnya Wicked City (Yōjū Toshi). Desain karakter dilakukan oleh Yutaka Minowa. Film adalah sebuah penghormatan kepada seri Ninpōchō, ninja novel oleh Futaro Yamada. Karakter utama, Kibagami Jubei, adalah sebuah penghormatan kepada samurai Jepang yang terkenal pahlawan rakyat Yagyuu Juubei Mitsuyoshi.

Film ini dirilis pada tanggal 5 Juni 1993 dan menerima rilis Barat pada tanggal 6 Desember 1995. Film ini juga dirilis di beberapa daerah seperti Jubei Ninpucho: The Wind Ninja Chronicles. Hal ini dilisensi oleh Manga Entertainment di Amerika Utara. Gulir ninja memenangkan Citizen's Award di tahun 1993 Yubari International Fantastic Film Festival. Ninja Gulir adalah salah satu film anime paling populer di luar Jepang, bersama dengan film seperti Akira dan Ghost in the Shell. Itu diterima dengan baik dalam penggambaran ninja dan makhluk legendaris Jepang seperti Golem Stone, dan Blind Assassin.

5. Perfect Blue (1997)


Disutradarai : Satoshi Kon
Diproduksi : Hiroaki Inoue
Durasi : 80 menit

6. Princess Mononoke (Mononoke-hime) (1997) --


Princess Mononoke adalah animasi sejarah Jepang tahun 1997 yang ditulis dan disutradarai oleh Hayao Miyazaki dan Studio Ghibli. Pertama kali diliris di Jepang pada 12 juli 1997 dan di Amerika serikat pada 29 oktober 1999.

7. Spirited away (Sen to Chihiro no kamikakushi)(2001)


Spirited Away atau Sen to Chihiro no Kamikakushi (千と千尋の神隠し) adalah sebuah film tahun 2001 yang disutradarai sutradara anime dan mangaka Jepang Hayao Miyazaki yang dibuat di Studio Ghibli.

Spirited Away dirilis di Jepang pada Juli 2001, menarik penonton sebanyak sekitar 23 juta dan meraup pendapatan sebesar 30 miliar yen, mengalahkan Titanic untuk menjadi film tersukses dalam sejarah Jepang. Film ini memenangkan penghargaan Oscar pada tahun 2003 dalam kategori Film Animasi Terbaik dan menjadi anime pertama yang meraih penghargaan dalam kategori tersebut.

Miyazaki, yang juga menyutradarai My Neighbor Totoro (1988) dan Princess Mononoke (1997), keluar dari masa pensiunnya untuk membuat film ini setelah bertemu dengan putri seorang teman yang menjadi inspirasi bagi tokoh utama dalam film ini.

8. Street Fighter 2 (1994)


Street Fighter II: The Animated Movie, dikenal di Jepang sebagai Street Fighter II Movie (ストリートファイターII MOVIE,, Faitā Tsu Sutorīto MUBI?, Tidak menjadi bingung dengan adaptasi live-action) adalah anime tahun 1994 film adaptasi dari Street Fighter II melawan permainan ditulis oleh Kenichi Imai, disutradarai oleh Gisaburō Sugii dan animasi oleh Group TAC. Film, awalnya dirilis di Jepang pada tanggal 8 Agustus 1994, telah diadaptasi ke dalam bahasa Inggris disebut dan subjudul dalam format dengan Manga Entertainment. Group TAC kemudian menghasilkan serial anime Street Fighter II V.

Street Fighter II: The Animated Movie diterima baik di kalangan penggemar permainan, dan umumnya dianggap jauh lebih unggul dari yang live-action film yang mengikutinya. Rangkaian tindakan itu gambaran yang sangat realistis dibandingkan dengan Street Fighter anime lain, dan tindakan anime pada umumnya, karena bantuan K-1 pendiri dan pejuang profesional, Ishii Kazuyoshi dan Andy Hug.

9. The Transformers: The Movie (1986)


The Transformers: The Movie adalah sebuah film kartun teater yang dirilis tahun 1986. Film ini berbasis dari serial TV Transformers season dua, dan merupakan awal dari ide cerita untuk serial Transformers season ketiga.

Film ini disutradarai oleh Nelson Shin, yang juga merupakan produser asli serial TV Transformers versi AS, dan dibintangi oleh para pengisi suara serial Transformers, diantaranya Eric Idle, Judd Nelson, Leonard Nimoy, Casey Kasem, Robert Stack, John Moschitta, Peter Cullen dan Frank Welker.

10. Vampire Hunter D. (Kyûketsuki Hunter D) (1985)


Vampire Hunter D (D吸血鬼ハンターKyūketsuki hantā D) - salah satu film anime pertama dirilis di luar Jepang, tetap menjadi kultus klasik di dunia berbahasa Inggris. Ditagih oleh produsen Jepang sebagai "masa depan gelap roman fiksi ilmiah", Vampire Hunter D diatur pada tahun 12.090 Masehi, pada pasca-bencana nuklir dunia di mana seorang vampir Kebangsawanan terrorizes petani manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar